Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Masakan Tradisional Semur Daging "Rabeg"

Resep masakan Tradisional Semur Daging atau Rabeg. kali ini "blog kumpulan Resep Masakan Terbaru" mau share menu masakan tradisional yakni semur Rabeg atau Daging. Menu ini memang ada sejarahnya yakni pada zaman kerajaan Banten yang dipimpin oleh Sultan Maulana Hasanuddin.

Awal mulanya, Sultan melaksanakan ibadah haji, ketika dalam perjanalan beliau berlabuh di pelabuhan laut merah. ini adalah persinggahan pertamanya dikota pelabuhan yang bernama Rabiq. Sultan benar-benar sangat kagum dengan keindahan kota pelabuhan, hingga akhirnya beliau menyicipi kuliner disana yang didominasi oleh daging kambing. Dan konon rasanya sangat nikmat.

masakan tradisional rebegPulang dari Tanah Suci, Sultan masih sangat terbayang suasana Kota Rabiq dan masakan dagingnya, hingga Sultan memerintahkan koki nya untuk membuat masakan tersebut yang diberi nama Rabeg. nah inilah asal muasal masakan tradisional Rabeg atau sekarang bisa disebut semur daging.


Bahan Masakan Tradisional Semur Daging Rabeg

1. Siapkan daging kambing beserta iga sebanyak 2kg

Bumbu Masakan tradisional Daging Rabeg

1. Bawang merah 200 gram
2. Kayu manis 6cm
3. Memarkar sereh 2 batang
4. 20 cabe rawit
5. Lengkuas 4cm
6. 2 biji pala
7. Jahe 4cm
8. Gula merah atau kecap manis 10 sendok
9. Daun salam 6 lembar
10.bawang putih 200gr
11.Lada putih 6sdt


Cara membuat masakan tradisional daging rebeg

1. Bawang putih dan bawang merah dirajang halus, memarkan lengkuas, jahe, biji pala. setelah itu semua bumbu ditumis sampai harum.

2. Rebuslah daging dan iga nya dengan dicampur sereh dan daun salam. Rebus dengan ir sedang kemudian jika keluar buihnya maka buang saja buihnya.

3. Angkat dan tiriskan pada saat daging sudah matang. Sisa rebusan daging bisa anda gunakan untuk merebus bumbu yang sudah ditumis tadi.

4. Daging tadi anda potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan. kemudian masukan kedalam rebusan bumbu tadi, masak sampai bumbu meresap dan daging empuk.

Demikian resep masakan stradisional semur daging Rebeg. semoga bisa bermanfaat bagi anda. baca juga resep masakan daging lainnya seperti resep membuat gulai kambing yang lezat.

Post a Comment for "Resep Masakan Tradisional Semur Daging "Rabeg""