Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Berbuka Puasa: Kolak Bola Pisang Pandan

resep buka puasa kolak bola pisang
Resep berbuka puasa kali ini masih seputaran kolak. Kolak memang masih menjadi menu andalan saat buka puasa. Kali ini saya akan share cara membuat kolak bola pisang pandan. Kalau resep kolak pisang biasa sudah saya share di artikel sebelumnya. nah ada yang berbeda dengan kolak pisang pada umumnya, kolak bola pisang pandan kini lebih lengkap. Berikut resepnya.

Bahan Resep kolak Bola Pisang pandan

1. Pisang tandung secukupnya
2. Siapkan tepung ketan 150 gr
3. Air putih hangat 27 ml
4. Pasta pandan
5. 175 gr Gula aren yang dihaluskan.
6. Santan kelapa secukupnya atau 500 ml
8. Garam secukupnya
9. daun pandan

Cara Membuat Kolak Bola Pisang Pandan

1. Kukus pisang sampai matang kemudian kupas kulitnya, tumbuk pada saat masih panas agar mudah lembut. setelah lembut campurkan tepung ketan. Aduk-aduk sampai merata, tambahkan pasta pandan dan aduk-aduk lagi.

2. Bentuk adonan menyerupai bola-bola kecil atau seperti kelereng atau seperti pada kolak candil.

3. Rebus bola adonan tadi dengan air mendidih, diamkan beberapa saat sampai bola-bola tersebut mengapung. Angkat dan siram dengan air dingin, tiriskan.

4. Panaskan air kembali kemudian masukkan irisan gula aren. aduk-aduk sampai merata kemudian saring agar sisa-sia partikelnya tersaring dan buang.

5. Rebusan air gula tadi kemudian direbus kembali beserta santan, tambahkan garam dan daun pandan. gunakanapi sedang dan diamkan sampai mendidih, masukkan adonan bola-bola tadi. aduk kembali dan diamkan beberapa saat.


Sajikan kolak bola pisang pandan tadi selagi hangat. pas pada saat disajikan untuk berbuka puasa. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Resep Berbuka Puasa: Kolak Bola Pisang Pandan"