Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Berbuka Puasa: Kolak Biji Salak Spesial

resep berbuka puasa kolak biji salak spesial
Kolak Biji Salak
Resep Buka puasa kali ini saya akan share resep membuat kolak biji salak. Jadi inget jaman dulu kirain kolak biji salak emang beneran biji salak yang dikolak, ternyata bukan melainkan campuran ubi dengan tepung kanji yang kemudian dibentuk sebesar biji salak. Atau bisa juga ini mirip dengan kolak candil.

Rasa kolak biji salak sangatlah enak dan memang cocok untuk disajikan dan disantap pada saat berbuka puasa sebagai makanan pembuka. Rasanya yang kenyal serta manisnya saus gula merah membuat kolak biji salak sangat digemari oleh keluarga dirumah. nah berikut resep berbuka puasa dengan Kolak Biji salak spesial.

Bahan Kolak Biji Salak

1. Siapkan Ubi jalar sebanyak 500 gram
2. Tepung tapiokan sebanyak 100 gram
3. Garam setengah sendok teh saja

4. Air sebanyak 170 ml
5. Gula pasir 50 gram
6. gula jawa atau gula merah 250 gram
7. Daun pandan 3 lembar

8. Air santan 300 ml
9. Tepung Maizena

Cara membuat kolak biji salak

1. Bersihkan ubi jalar terlebih dahulu, kupas dari kulitnya dan cuci dengan air bersih. Setelah itu, kukus hingga ubi jalar matang dan empuk. Setelah itu angkat dan dihaluskan sampai lembut dan gampang untuk diadonan.

2. Ubi jalar yang sudah halus kemudian dicampurkan dengan tepung tapioka dan diaduk kembali sampai bercampur merata. Setlah merata maka tinggal dibentuk sebesar biji salak atau kelereng.

3. Membuat bahan kuah: Rebuslah air hingga mendidih yang dicampur dengan gula merah atau gula jawa dan gula pasir, tambahkan daun pandan dan sedikit garam. Aduk-aduk sampai Gula menjadi larut. Setelah mendidih dan larut, angkat dan saring agar tidak ada ampas yang tersisa.

4. Kuah tersebut dimasak kembali namun kali ini setelah kuah mendidih masukkan adonan biji salak tadi dan tunggu sampai adonan biji salak mengapung.

5. Membuat saus santan: didihkan santan dicampur dengan daun pandan dan sedikit garam. masukkan tepung maizena dan tunggu sampai mendidih serta santan terlihat agak kental.

Cara penyajian:
Tuang Kolak biji salak tadi kemudian campur dengan kuah santan secukupnya kedalam mangkok. Hidangkan selagi kolak biji salak masih hangat. Selamat menikmati hidangan berbuka puasa dengan kolak biji salak spesial.

Post a Comment for "Resep Berbuka Puasa: Kolak Biji Salak Spesial"