Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Resep Masakan Semur Jengkol Agar Enak

Apa yang anda bayangkan mengenai jengkol?? Jengkol itu termasuk buah-buahan atau biji-bijian? apapun itu jika kita membayangkan kat jengkol, pasti yang pertama terpikir adalah bau nya. Yupz, jengkol memang terkenal makanan yang bau. Tapi kalaupun begitu, penikmat jengkol sangatlah banyak, termasuk saya, saya suka jengkol mentah sebagai lalapan atau jengkol olahan yang dimasak sebagai campuran lodeh tempe dan teri, atau digoreng sebagai teman sambel.

Tapi yang sering kita temui dan menjadi primadona adalah jengkol diolah menjadi semur jengkol yang rasanya sangat nikmat, kennya dal kaya akan bumbu-bumbu dapur.

Untuk membuat semur jengkol yang lezat dan bumbunya terasa, ada beberapa hal yang harus kamu lakuin terhadap si jengkol. Dulu waktu saya di Jogja, temen saya bikin acara dirumahnya, dan kita disuruh request ingin dimasakin apa. Kontan kami meminta dimasakin semur jengkol. dan setelah jadi semur jengkolnya, ternyata tampilannya gak meyakinkan dan gak menarik, bumbu-bumbunya seakan tidak bercampur, ketika kami cicipi ternyata rasanya pahit. Memang sepintas semur jengkol yang dia bikin sangat jauh berbeda dengan semur jengkol buatan orang rumah di Bandung. Apa yang salah? kenapa bumbunya gak menyatu?

tips masakan semur jengkol agar enak
semur jengkol
Ternyata permasalahannya adalah, dia memasak semur jengkol langsung mencampur adukan dengan bumbu-bumbu.tanpa melalui proses terlebih dahulu.

Tips membuat semur Jengkol agar lebih nikmat dan enak:

1. Pilih jengkol yang sudah tua, jangan yang masih muda. Ini akan membuat semur jengkol anda menjadi kenyal dan enak.

2. Proses berikutnya, pisahkan jengkol menjadi dua bagian (dibelah), rebus hingga menjadi setengah matang atau matang, tapi jangan terlalu matang.

3. Tiriskan dan dinginkan, setelah dingin, tumbuk jengkol hingga menjadi pipih tapi jangan sampai hancur, pokoknya sampai terlihat pipih dan sedikit belah. Ini dimaksudkan agar bumbu-bumbu meresap kedalam jengkolnya sehingga rasanya menjadi lebih nendang.

4. Setelah poses semuanya dilakukan, tinggal dimasak dengan bumbu-bumbu semur jengkol anda.

Selamat mencoba tips resep membuat semur jengkol agar menjadi enak dan nikmat.baca juga resep membuat masakan ayam kecap dengan bumbu yang pedas. Maknyusss..

Post a Comment for "Tips Resep Masakan Semur Jengkol Agar Enak"