Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep dan Cara Membuat Bubur Sumsum Nangka

resep minuman bubur sumsum buah nangka
Bubur Sumsum Buah Nangka
Bubur sumsum atau disebagian dareha lain menyebutnya dawet adalah menu populer di Indonesia. Bubur sumsum bisa dikatakan sebagai minuman yang mengenyangkan karena bahan-bahan pembuatannya dari tepung beras,kemudian dicampur sirup atau air gula jawa merah kemudian potongan es membuat bubur sumsum menjadi enak dan segar.

Kalau di Jawa Barat biasanya bubur sumsum atau dawet ini dicampur dengan es cendol dan santan. Tapi jika ditambah dengan potongan buah nangka rasanya akan menjadi enak dan wangi. Untuk membuat bubur sumsum Buah nangka berikut bahan yang harus disediakan.

Bahan-Bahan:

* Tepung beras +/- 150 gr
* Air santan secukupnya, kira-kira 900 ml
* Air daun pandan agar wangi dan warnanya menjadi hijau
* Daun pandan
* Garam secukupnya
* Sirup dari gula merah
* Gula aren
* Air mineral
* Buah nangka secukupnya potong kecil
* Gula pasir secukupnya

Cara Membuat

* Membuat adonan dawet, tepung beras dicampur air daun suji pandan dan air santan secukupnya, aduk-aduk hingga rata. masak sisa air santan hingga mendidik, kemudian masukan campuran tepung tadi, aduk-aduk sampai mendidih. Masukan juga nangka dan garam secukupnya, aduk-aduk kembali hingga menjadi kental, angkat dan dinginkan.

* Mebuat saus atau sirup gula jawa merah cukup mudah, panaskan air hingga mendidih beserta garam, gula aren, gula pasir kemudian daun pandan. aduk-aduk sampai mendidih dan semua gula menjadi larut. Jika sudah larut, angkat dan saring dan dinginkan.

* Sajikan dawet dalam mangkuk dan tuangkan saus gulanya. anda bisa menambahkan es jika ingin dingin. Bubur sumsum nangka cocok dinikmati saat malam hari ketika udara dingin. selamat mencoba. Resep minuman lainnya baca juga cara membuat minuman es susu durian.

Post a Comment for "Resep dan Cara Membuat Bubur Sumsum Nangka"