Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kue Clorot atau Terompet Yang Legendaris

Kapan terakhir kali makan kue ini?? Aku selalu susah nyebutin nama kue ini, apakah kue clorot atau kue cocorot? yang paling mudah yakni kue terompet, itu bahasa nasionalnya hehe. Terakhir kali makan kue ini kayaknya jaman saya masih Sekolah Dasar, Berapa puluh tahun yang lalu kali ya?beuhhh udah tua banget aku ya. Dulu di kota kecil yang indah menawan yakni Pangandaran. Kue ini disetiap acara hajatan, atau pedagang kue basah atau tukang pecel keliling pasti suka ada. Makanya aku sering beli. Rasanya enak banget. dan sekarang sudah gak pernah terlihat lagi.Apakah sudah punah?? oh sayang sekali...

Rasanya yang khas manis-manis empuk, terus ada aroma daun kepalanya itu yang bikin aku selalu terbayang masa lalu.Duh pengen banget nikmatin kue clorot ini. Kalau bikin pasti susah karena harus muter-muterin daun kelapanya. tapi kalau sobat pengen coba, nih saya kasih resepnya.

resep kue clorot yang legendaris:
-Tepung beras dan gula merah masing-masing 250 gram
-seliter santen kelapa
-daun pandan secukupnya biar wangi
-garam secukupnya

kue terompet atau celorot
kue clorot atau kue terompet
kemudian siapkan daun kelapa muda, daunnnya aja, lidinya dibuang.ini untuk membungkus adonan kue nya dan membentuk seperti terompet.

cara membuat kue clorot
Didihkan santan, gula merah, daun pandan dan garam sambil terus diaduk-aduk. kalau sudah dirasa cukup, saring adonan tersebut.

kemudian ayak tepung berasnya, jika sudah tuangkan air santan dan gula yang tadi udah dididihkan kedalam tepung berasnya.aduk-aduk hingga licin dan rata.

langkah terakhir, bentuk daun kelapa menyerupai terompet sebanyak-banyaknya, biar tar sisanya buat aku hehe. simpen didalam kukusan menghadap keatas, tuangkan adonannya kedalam daun kelapa tersebut jangan terlalu penuh, secukupnya saja. Kukus sampe mateng. jadi deh kue terompet atau kue clorot yang nikmat dan lezat.

Post a Comment for "Resep Kue Clorot atau Terompet Yang Legendaris"