Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep dan Cara Membuat Es Cendol Segar

Resep Es Cendol segar - Didaerah lain seperti di Purworejo Jawa Tengah, Es Cendol ini lebih familiar disebut sebagai es dawet, ada dawet ireng tapi juga yang umum yakni warnanya hijau. Tapi untuk daerah Jawa Barat lebih dikenal dengan sebutan Es Cendol. Es dengan cendol sebagai bahan utamanya kemudian dicampur dengan saus gula jawa atau gula merah, Dan rasanya akan lebih enak jika dalam saus gula merahnya ada potongan atau serpihan kelapa mudanya. Berikut cara membuat Es Cendol Segar:

Bahan-Bahan Es Cendol

cara membuat es cendol
es cendol
# Siapkan santan sebanyak 500 ml
# Tepung beras 100 gram
# Air yang sudah matang 2 liter
# Pasta pandan 1 sendok
# Air kapur sirih 1 sendok
# Es batu 70 gram

Bahan Saus atau Kuahnya

# Gula merah 250 gram
# Santan 500 ml
# air 250 ml
# Daun pandan 1 lebar


Cara membuat es cendol Segar

1. Campur bahan-bahan seperti santan, tepung beras, pasta pandan dan air kapur sirih. semuanya dicampur dan dimasak sampai menjadi kental seperti bubur.

2. Siapkan baskom yang sudah diisi dengan air matang serta Es batu. Siapkan juga saringan sebagai cetakan cendol. Tuang adonan bubur tadi kesaringan diatas baskom, nantiakan membentuk seperti cendol dan akan langsung didinginkan di air yang sudah ditambahkan es.

3. Cara membuat saus atau kuahnya. Masak air sampai mendidih dengan air gula jawa serta daun pandan. aduk sampai semuanya menjadi larut. Tambahkan serpihan kelapa yang masih muda kedalam saus gula jawanya.

4. Membuat saus santan es cendol, didihkan santan dan aduk terus agar santan tidak pecah.

Sajikan es cendol dengan dicampur saus gula jawa dan santan yang sudah masak. baca juga resep minuman lainnya seperti Es susu durian yang tidak kalah segarnya juga.

Post a Comment for "Resep dan Cara Membuat Es Cendol Segar"