Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Berbuka Puasa: Resep Masakan Pepes Ikan Kakap

Menu berbuka puasa dengan pepes ikan kakap pastinya sangat spesial. Ikan kakap memang pas jika dijadikan menu hidangan nanti, Ikan kakap jika di olah menjadi pepes rasanya gak kalah nikmatnya dengan pepes ikan gurame. Anda jika ingin membeli ikan laut sebaiknya belilah pada saat ikan baru naik dari laut, atau dari nelayan langsung.
resep masakan pepes ikan kakap

Kulitas ikan masih sangat terjaga dan masih segar. Untuk daerah pesisir mungkin mudah menemukan ikan segar. tapi kalau anda jauh dari pesisir pantai, belilah ikan di tempat penjualan ikan yang terpercaya dan menjamin akan kualitas. Rasa memang gak akan bohong.

Nah berikut ini kami akan share menu berbuka puasa.Resep masakan Pepes ikan kakap. Cara membuatnya cukup mudah, berikut bahan dan caranya.

Bahan Pepes ikan kakap.

1. Ikan kakap 1 ekor yang beratnya 500gram.Ambil dagingnya dan potong-potong.
2. Garam 1 sendok teh
3. air jeruk nipis setengah sendok teh
4. gula pasir 1/2 sendok teh
5. merica bukuk 1/4 sendok teh
6. putih telur 2 butir
7. santan kental 50 ml
8. daun bawang 6 lembar potong-potong
9. jahe 1 cm
10.daun salam 6 lembar
11.cabe rawit merah 6 buah
12.cabe rawit merah 6 buah
13. Siapkan daung pembungkus, lebih bagus dengan daun pisang.

Bumbu Halus Pepes ikan kakap

Haluskan, 2 siung bawang putih, 4 butir bawang merah, 3 buah cabe merah kriting, kunyit 1 cm yang sudah dibakar, dan 2 lembar daun jeruk.


Cara Membuat Pepes Ikan Kakap

1. Ambilah sedikit atau sebagian ikan kakap tadi daging, cicang hingga halus, campurkan dengan garam, air jeruk, gula pasir, putih telur, merica bubuk, jahe, santan, dan daun bawang, aduk-aduk sampai semuanya tercampur merata.

2. Siapkan daun pisang dan simpan daun salam diatasnya, 1 lembar saja. masukan campuran ikan tadi dan selipkan 1 buah cabe rawit merah.

3. Bungkus pepes tersebut dan tali dengan tali dari bambu atau bisa juga dengan menggunakan lidi ditusuk di kedua ujungnya.

4. Kukuslah dengan api sedang kira-kira 30 menit sampai aroma pepesnya kerasa dan matang.

5. Untuk menambah rasa, bakarlah dengan dibolah balik sampai ikan benar-benar matang dan aroma terbakar yang enak.

6. Sajikan dengan keluarkan, resep ini pas untuk 6 bungkus pepes ikan kakap.

Demikian menu berbuka puasa dengan resep pepes ikan kakap sederhana. Jangan lupa kalau ada kesempatan dicoba resep ini, pastinya bakalan enak banget. Baca juga menu lainnya seperti: Resep pecel lele spesial. Selamat mencoba.

Post a Comment for "Menu Berbuka Puasa: Resep Masakan Pepes Ikan Kakap"