Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Menu Masakan di Bulan Puasa Ramadhan

Selamat pagi sahabat, Kali ini dapurlezatos bakalan share Resep menu masakan dibulan Puasa Ramadhan. Ini adalah hari pertama kita dibulan suci Ramadhan, mungkin sebagian kita sudah memikirkan nanti sore akan menyiapkan menu apa untuk berbuka puasa? kalau misalkan belu, anda bisa membuka setiap laman di blog ini, atau anda bisa membaca artikel yang berjudul Tips Daftar Menu Berbuka Puasa sebulan penuh.

Ok, langsung aja ke Tips Menu Masakan di Bulan Suci Ramadhan.

Ada beberapa menu masakan yang sebaiknya anda hindari demi menjaga kesehaan pencernaan anda. Seperti kita tahu, kita berpuasa dan memngistirahatkan organ pencernaan kita hampir 14 jam lamanya. Jika Langsung mengkonsumsi makanan yang berat maka pencernaan anda akan kaget.

Sebaiknya untuk mengawali anda berbuka puasa, konsumsilah makanan yang ringan dan manis. Nabi MUhammad SAW juga mencontohkannya dengan memakan tiga biji kurma. Nah jika anda tidak ada kurma biasanya membuat menu berbuka puasa seperti kolak dan Minuman segar yang manis. Setalah itu sebaiknya anda jangan langsung makan yang berat, istirahatkan kembali pencernaan anda dengan sholat magrib terlebih dahulu. Ini akan memberikan jeda kepada organ pencernaan agar lebih terbiasa.


Pada saat anda sahur, sebaiknya jangan memakan makanan yang mengandung banyak minyak dan berlemak. Hal ini akan membuat tenggorokan anda cepat kering dan kehausan. Mulut anda juga akan menjadi bau. Sementara yang mengandung lemak seperti coklat dan keju akan cepat membuat perut anda kosong kembali dan laper. Selain itu hindari sahur dengan mie instan karena akan membuat perut kembung, wlaupun pada saat itu anda merasa kenyang tapi beberapa saat kemudian akan terasa laper kemabli.

Berikut ini kami berikan resep menu berbuka puasa di Bulan Ramadhan.

1. Menu Puding Ketan Hitam
menu bulan puasa puding ketan hitam

Bahan yang diperlukan:
. Gula Pasir 200 gr
. Putih telur 3 buah
. Kuning Telur 3. Buah
. Santan 180 ml
. Susu Segar 500 ml
. Tape Ketan Hitam 250 gr
. Gamar 1 sdt
. Agar-agar bubuk plain

Cara Membuat Puding Ketan Hitam
. Siakan tempat adonan kemudian campurkan semua bahan seperti Telur dan gula pasir , dantan sampai merata dan larut, tambahkan sedikit sedikit susu segar dan  bahan agar-agar bubuk dan aduk-aduk sampai merata.

. Masakn semuanya hingga mendidih dan aduk terus agar santan tidak pecah.

. Siapkan loyang atau cetakan untu puding Ketan hitam, masukan semua adonan yang sudah matang dan diamkan dingin agar menjadi mengeras. Potong-potong sesuai selera dan sajikan.


2. Menu Puding Buah Buahan
puding buah buahan

Bahan yang diperlukan:
Bahan A.
1. 1 Bungkus agar-agar merah
2. 1 kaleng buah leci, tiriskan buahnya dan airnya simpan untu digunakan pada campuran puding nantinya.
3. 200 ml air
4. 150 gr gula
5. 1 sdt Vanila bubuk

Bahan B
1. 2 Bungkus agar-agar putih
2. 600 ml susu cair
3. 150 gr gula pasir
4. 2 sdm selai stroberry
5. 100 gr apel malang
6. 100 gr pepaya
7. 1 buah pisang ambon
8. 1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat Puding Buah Buahan
1. Bahan A : Camprlah bahan agar=agar dengan air lecci gula pasir serta vanila bubuk, aduk-aduk sampai semuanya tercampur merata. Masak campuran tersebut sampai matang sambil diaduk.

2. Siapkan Loyang sebagai cetakan Puding Buah-buahan, Usahakan yang bagus. Taruh susuh buah leci  pada loyang tersebut kemudian siram dengan Bahan A yang masih panas. Diamkan hingga dingin dan mengeras.

3. Bahan B: Haluskan buah pisang ambon, pepaya dan apel malang dan tambahkan jeruk nipis, aduk sampai merata. Campurlah agar-agar putih dengan selai stroberry dan susu cair. Aduk-aduk sampai semuanya merata dan masak sampai mendidih. Kemudian masukan jus buah-buahan tadi dan aduk kembali sampai semuanya tercampur. Siapkan loyang sebagai cetakan dan masukan campuran yang mendidih tadi kedalam loyang dan simpan lah dilemari es atau kulkas.

4. Sajikan pada saat semuanya sudah menjadi dingin dan mengeras, selamt menikmati Menu berbuka puasa dengan puding buah-buahan.

3. Menu Masakan Bulan Suci Ramadhan dengan Kolak Candil
menu buka puasa kolak candil

Bahan- Bahan Rsesep Kolak Candil:

1. Siapkan ubi merah dengan kualitas bagus secukupnya.
2. Siapkan tepung kanji secukupnya. biasanya untuk ukuran 1 kilogram ubi merah dicampur dengan 125 gram tepung kanji agar adonan candil lebih kenyal.
3. Garam secukupnya.
4. Gula merah atau gula jawa secukupnya
5. Gula pasir
6. daun pandan.
7. Air secukupnya
8. santan

Cara membuat kolak candil:

1. Rebuslah terlebih dahulu ubi merah sampai matang, angkat dan tiriskan. Kupas kulitnya sampai ubi jalar terlihat bersih.  Tumbuk ubi tersebut sampai lembut dan mudah di bentuk.

2. Aduk-aduk ubi jalar yang sudah lembut dengan dicampur dengan tepung kanji, tambahkan sedikit garam.

3. Setelah bercampur semuanya, maka cetak adonan tersebut menjadi bulat-bulat kecil sebesar kelereng.


Bahan kuah Kolak Candil

1. Rebus Gula jawa dengan air mendidih biarkan sampai larut , tambahkan daun pandan dan jahe yang sudah dimemarkan agar aroma jahenya terasa.

2. Masukkan bulatan candil kedalam rebusan air gula tersebut. rebus selama 20 menit kemudian tambahkan santan, diamkan hingga 40 menit kemudian angkat dan hidangkan.


Demikian beberapa contoh Resep menu masakan di bulan suci Ramadhan yang bisa menjadi pilihan bagi anda dirumah. Anda juga bisa mencoba resep lainnya seperti aneka kolak dan minuman segar berbuka puasa. Atau menu sayur asem dan aneka menu olahan daging. Silahkan menuju daftar isi di Blog ini.

Post a Comment for "Resep Menu Masakan di Bulan Puasa Ramadhan"